Tuesday, July 24, 2012

Peru pertambangan emas proyek menarik protes lebih


Peru pertambangan emas proyek menarik protes lebih

Protes terhadap melanjutkan proyek pertambangan emas Peru dan menarik protes lebih

Cajamarca, Peru - Para demonstran di Peru melanjutkan protes mereka pada hari Senin melawan rencana untuk mengembangkan sebuah tambang emas $ 4,8 miliar mengatakan mereka takut tambang akan membahayakan pasokan air mereka.

Sekitar 2.000 warga Peru mengikuti pawai protes di kota utara Cajamarca, membawa poster bertuliskan "Mari kita mempertahankan sumber air kita, sekarang atau tidak pernah."

Polisi anti huru-hara berjaga-jaga selama protes, yang berakhir damai. Pada awal Desember, pemerintah telah memberlakukan keadaan darurat untuk memulihkan ketertiban setelah pemogokan umum dan bentrokan dengan polisi di mana puluhan orang luka-luka.

Para pengunjuk rasa takut tambang Conga, yang akan menghasilkan emas dan tembaga serta perak, akan mencemari air mereka dan mempengaruhi akuifer utama. Tambang ini mayoritas dimiliki oleh yang berbasis Newmont Mining Corp

Cajamarca merupakan salah satu daerah Peru yang paling banyak ditambang dan banyak ketidakpercayaan penduduk proyek baru karena merupakan perpanjangan dari tambang Yanacocha di dekatnya, tambang emas terbesar di Amerika Latin, yang mendekati akhir produksi. Ia memiliki sejarah hubungan bermasalah dengan petani tetangga, peternak dan penduduk kota hilir yang mengaku telah dirugikan pasokan air.
Sumber:


No comments:

Post a Comment