Sunday, February 12, 2012

Pakistan India Perdagangan: Present dan Future


Pakistan India Perdagangan: Present dan Future

Saat ini sekitar tiga sampai empat miliar dolar perdagangan informal masih terjadi di antara semua negara anggota SAARC tujuh. Keluar dari Pakistan dan India pertukaran barang untuk lagu sebesar $ 1 miliar per tahun melalui sumber-sumber tradisional seperti penyelundupan lintas batas dan barang-barang pribadi.

Meskipun kedua negara anggota Area Perdagangan di Asia Selatan Gratis (SAFTA) didirikan pada Januari 2006, perdagangan antara kedua negara adalah wajar kecil.

Total perdagangan, ekspor ditambah impor, antara India dan Pakistan pada tahun 2008 berjumlah sedikit lebih dari US $ 2 miliar.

Tingkat perdagangan total, ekspor ditambah impor, antara India dan Pakistan bisa memperluas dari tingkat saat ini sebesar US $ 2,1 miliar untuk sebanyak US $ 42 miliar jika 'normal' hubungan adalah untuk berlaku untuk kedua negara.

Apa yang kemudian memegang kembali perdagangan antara kedua negara  Kendala pada integrasi ekonomi termasuk tarif dan hambatan nontarif yang tinggi, infrastruktur yang tidak memadai, inersia birokrasi, birokrasi yang berlebihan, dan oposisi politik langsung.

Tingkat tarif India tetap tinggi, terutama untuk barang-barang kepentingan tertentu ke Pakistan, seperti tekstil, kulit, dan onyx mineral, dan hambatan nontarif yang substansial.

Juga Pakistan menyimpan daftar positif yang cukup sempit (dari sekitar 1.400 item) pada barang-barang bahwa India mungkin ekspor ke Pakistan.

Pada bulan Oktober 2011, pemerintah berencana untuk membuka perdagangan kedua check-pos di perbatasan Wagah di negara bagian Punjab, hanya tanah-penyeberangan antara dua tetangga yang bermusuhan, dalam upaya untuk meningkatkan volume perdagangan.

Sementara perdagangan India dengan Cina telah meroket ke $, 60 miliar dua arah perdagangan India-Pakistan adalah $ remeh 1,8 miliar pada tahun yang berakhir 31 Maret 2010, pada dasarnya tidak berubah selama lima tahun terakhir,

Baru check-posting adalah awal yang baik. Pejabat India memperkirakan perdagangan dua-arah dengan mudah bisa melompat ke $ 2,7 miliar, jangka pendek. Tapi tidak akan ada pergeseran seismik dalam volume perdagangan kedua negara sampai melakukan upaya serius untuk memperluas daftar produk yang mereka dapat berdagang dengan satu sama lain.

Tahun ini dan untuk pertama kalinya dalam 35 tahun, menteri perdagangan Pakistan memimpin delegasi bisnis ke India pekan lalu. Rombongan termasuk hampir 80 industrialis terkemuka, pedagang dan pejabat tinggi. Di sana, pedagang terkemuka Pakistan mendapat kesempatan untuk berbaur dengan mereka sama-sama bersemangat-untuk-bisnis rekan-rekan India.

India dan Pakistan pada hari Rabu setuju untuk bersama-sama bekerja menuju menggandakan perdagangan bilateral menjadi $ 6 milyar per tahun dari tingkat saat ini sebesar 2,7 miliar pada 2014. Mereka juga memutuskan untuk menempatkan sebuah rezim liberalisasi visa dari November 2011 komunitas bisnis kedua negara.

Pakistan berkomitmen untuk peta jalan untuk melaksanakan hubungan perdagangan preferensial dengan India, sebagaimana diatur dalam Perjanjian Perdagangan di Asia Selatan Gratis (SAFTA). Rezim visa bisnis baru diharapkan untuk memungkinkan multiple-entry dan bisa untuk jangka waktu sampai satu tahun.

Meskipun pemberian status MFN Pakistan, India memiliki berbagai hambatan non-tarif di tempat - seperti, kode sertifikasi yang ketat, peraturan kepabeanan, izin keamanan dan pembatasan gerakan - yang membuat hampir tidak mungkin bagi para pedagang Pakistan untuk melakukan bisnis di India.

Sumber:


No comments:

Post a Comment